Tips Memilih Domain untuk Bisnis Online

Tips Memilih Domain

Jangan sampai salah memilih nama domain untuk keperluan bisnis online, karena domain tersebut akan menjadi identitas bagi bisnis yang Anda jalankan. Mudah diingat, brandable, menarik, dan nama yang kreatif tentu akan memudahkan dalam mempromosikannya.

Memang, memilih domain bukan perkara mudah karena nama tersebut sebaiknya dapat mewakili bisnis itu sendiri. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan dari segala sisi agar domain yang digunakan tetap relevan untuk jangka panjang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan uang di internet dari bisnis online dengan membangun sebuah website, semoga panduan memilih domain yang kami sajikan dapat membantu dalam proses pencariannya.

Tips Memilih Domain yang Tepat

1. Domain pendek dan mudah diingat

Menggunakan domain yang pendek tentu akan memudahkan pengunjung untuk mengingat dan mengetik jika suatu saat mereka akan kembali berkunjung ke website Anda. Sebaiknya hindari menggunakan kata atau ejaan gaul yang cenderung susah untuk diingat.

2. Gunakan domain yang brandable

Pemilihan domain yang brandable akan sangat membantu dalam menguatkan identitas Anda dalam bisnis online. Tidak hanya membuat customer dan pengunjung website jadi gampang untuk mencari dan mengingat, domain brandable juga memudahkan dalam proses melakukan branding.

3. Mempertimbangkan dari sisi SEO

Apabila website bisnis yang akan Anda buat berkaitan dengan “jasa”, maka masukan kata jasa dalam domain tersebut. Karena domain yang mengandung kata kunci atau keywords akan membantu dalam proses optimasi website dari sisi SEO.

Namun jangan menggunakan domain yang terlalu niche (spesifik) pada satu keywords saja. Sebagai contoh, Anda memilih domain jasareview.com, karena itu yang menjadi target utama saat website dibangun. Bagaimana jika suatu saat nanti Anda juga ingin mengembangkan bisnis ke jasa-jasa yang lain?

Misalnya Anda ingin membuka layanan jasa transkrip, tentu domain jasareview.com tersebut menjadi tidak relevan lagi. Oleh karena itu, sebaiknya pilih domain yang memiliki cakupan lebih luas dan bisa tetap relevan untuk bisnis Anda kedepannya.

Jika Anda tetap ingin memasukkan keywords dalam domain, mungkin bisa menggunakan nama topjasa.com, serbajasa.com, atau menambah kata-kata unik dan kreatif yang rasanya cocok “sebelum” atau “sesudah” kata jasa tersebut.

4. Jangan gunakan hypen dan angka

Memasukkan angka atau hypen (tanda hubung) biasa juga disebut strip pada nama domain yang terdiri dari dua kata atau lebih akan membuat domain menjadi ribet. Tidak hanya pada saat mengetik, domain juga akan susah untuk diingat.

5. Pemilihan extension yang tepat

Extension .com masih menjadi yang paling diincar dan populer hingga saat ini. Sehingga sangat sulit untuk mendapatkan domain dengan extension tersebut. Karena memang, extension .com sudah lama, singkat serta mudah diingat.

Sebagai alternatif sudah banyak pilihan extension baru yang pendek saa ini. Dan salah satunya dapat menggunakan extension .id yang merupakan extension resmi domain untuk Indonesia.

6. Cek bakal domain Anda di sosial media

Selain website, tidak terbantahkan sosial media juga menjadi sarana pendukung paling ideal untuk mempromosikan dan membangun branding bisnis online. Sebaiknya coba cek dulu apakah domain yang akan Anda beli sudah digunakan pada situs sosial media?

Menggunakan nama yang sama di sosial media dengan nama domain website Anda akan sangat membantu dalam proses membangun branding. Jangan gunakan domain yang sudah memiliki trademark atau merek dagang untuk menghindari masalah hukum.

Karena nama domain akan menjadi identitas bisnis untuk jangka panjang, pilihlah nama yang tepat dari awal agar terhindar dari proses membangun ulang branding di masa yang akan datang.

Setelah menemukan domain yang tepat, tahap selanjutnya Anda juga harus mengoptimalkan website bisnis tersebut supaya meraih ranking SEO yang bagus di mesin pencari untuk mendapatkan traffic.

Selain memilih domain yang tepat dan baik untuk SEO, meningkatkan kecepatan website juga akan sangat membantu menaikkan ranking sebuah website di laman hasil pencarian di berbagai mesin pencari.

Semoga ulasan mengenai cara dan tips memilih nama domain yang tepat untuk website bisnis online ini bisa membantu Anda menemukan domain sesuai dengan bisnis yang dijalankan sehingga mempermudah dalam membangun branding.