Cara Membuat Website Pribadi dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Website Pribadi dengan Domain Sendiri

Meskipun saat ini sangat banyak yang berkeinginan memiliki website pribadi, tetapi masih bingung bagaimana cara membuat website menggunakan domain sendiri. Sebenarnya tidak susah dan butuh waktu lama untuk membuat sebuah website.

Kepentingan dan tujuan setiap individu bisa saja berbeda-beda mengapa sampai harus memiliki website sendiri. Mulai dari untuk bisnis, sebagai sarana berbagi informasi atau ilmu bermanfaat bagi orang lain serta berbagai macam keperluan lainnya.

Sebagai contoh adalah website ini sendiri yang bisa disebut atau masuk kategori sebagai website pribadi yang telah menggunakan domain dan hosting sendiri. Tentunya ada kepuasan tersendiri saat kita memiliki akses penuh pada website tersebut.

Panduan membuat website sendiri

1. Memilih nama domain

Domain

Sudah pasti, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih domain yang akan digunakan. Sedari awal akan membangun sebuah website tentu kita telah menentukan kategori website yang akan dikelola.

Apalagi website yang akan Anda bangun akan digunakan sebagai penunjang bisnis, maka kita harus memilih nama yang tepat. Bagi Anda yang masih bingung, untuk panduan lengkapnya bisa membaca di artikel tips memilih domain bisnis online.

2. Gunakan hosting gratis atau berbayar

Hosting Dewaweb

Image by Dewaweb

Untuk pilihan hosting yang akan digunakan setelah membeli domain sendiri ada dua pilihan yang berbayar dan gratis. Jika ingin menggunakan hosting berbayar bisa disewa pada salah satu layanan hosting yang saat ini sudah sangat banyak di Indonesia.

Plihan kedua yaitu menggunakan hosting gratis seperti di blogger.com tetapi menggunakan domain sendiri atau lebih populer dengan sebutan custom domain. Saya sendiri memilih layanan hosting berbayar untuk website ini di Dewaweb.

3. Login ke control panel hosting

cPanel Hosting

Pada saat menggunakan hosting berbayar maka Anda akan memiliki akses langsung ke control panel hosting dari penyedia layanan. Dan control panel yang paling populer di dunia dan mudah untuk digunakan salah satunya adalah cPanel.

Mengapa saya katakan mudah mengelola berbagai fasilitas hosting di cPanel? Karena hampir semuanya dapat dilakukan dengan otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi error atau kesalahan meskipun tidak memiliki keahlian khusus.

Dan menariknya lagi apabila memiliki website dengan domain dan hosting berbayar, maka Anda dapat membuat email dengan domain sendiri tersebut yang juga bisa menaikkan nilai kredibilitas bisnis yang dikelola di mata konsumen.

4. Install CMS (Content Management System)

WordPress CMS

Pasa saat akan melakukan langkah keempat ini, berarti Anda telah sukses memilih nama domain dan layanan hosting. Jika menggunakan layanan gratis dengan cara custom domain di blogger.com berarti Anda akan menggunakan interface blogger untuk mengelola konten.

Apabila pilihannya adalah hosting berbayar, maka Anda lebih leluasa memilih CMS di cPanel yang akan digunakan. Saat ini, CMS yang paling populer dan familiar digunakan untuk website pribadi adalah WordPress.

5. Sesuaikan Theme dengan jenis website

WordPress Theme

Setelah melakukan proses install WordPress atau CMS lainnya di cPanel, maka website telah online dan bisa diakses yang secara otomatis menggunakan theme gratis dari WordPress. Untuk mengganti tampilannya, login ke wp-admin dan di Dashboard pilih menu » Appreance » Theme.

Banyak sekali Theme gratis di WordPress yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis website. Apabila tidak menemukan yang cocok, tentu anda harus merogoh kocek untuk membeli theme premium (berbayar).

6. Install plugin sesuai kebutuhan

WordPress Plugin

Untuk membuat website pribadi terlihat lebih menarik serta melengkapi kebutuhan lainnya, kita dapat menggunakan plugin. Namun gunakan plugin dengan bijak dan sesuai kebutuhan agar tidak mengurangi kecepatan website saat diakses.

Karena penggunaan plugin yang berlebihan bisa memakan recourse hosting sehingga website menjadi lambat pada saat dibuka. Fungsi plugin itu sendiri adalah sebagai aksesoris atau sarana pendukung CMS yang kita gunakan agar tampilan website menjadi lebih baik.

Sama seperti theme, plugin juga ada yang gratis dan berbayar. Untuk kepentingan sebuah website pribadi, saya rasa dengan plugin gratis saja sudah cukup. Namun semuanya kembali pada kebutuhan masing-masing yang bisa saja berbeda-beada.

Bagaimana, tidak butuh waktu lama dan prosesnya juga mudah bukan? Semoga cara membuat website pribadi dengan domain dan hosting sendiri yang tersaji semakin memantapkan keputusan Anda untuk segera memiliki website.